Selasa, 12 Maret 2013

Serba Serbi Pewarnaan Rambut (1)

mewarnai rambut
Ilustrasi
Apakah Anda hobi mewarnai rambut? Sejauh mana Anda mengetahui baik-buruknya pewarnaan rambut? Bila belum paham benar serba-serbi pewaraan rambut, tak ada salahnya menyimak beberapa hal di bawah ini.
Berapa banyak wanita yang mengecat rambut mereka?
Sekitar 75 persen atau tiga dari empat perempuan. Beberapa melakukannya untuk menutupi uban atau warna abu-abu pada rambut mereka, atau juga sebagai pernyataan fashion. Beberapa lagi, sekadar ingin perubahan.
Jika Anda menggunakan pewarna permanen  ,  bagaimana membuat rambut Anda tetap sehat dan terawat ?
Gunakan shampo khusus dan kondisioner untuk meminimalkan kerusakan. Cat rambut permanen menyebabkan kerusakan pada rambut lebih besar daripada jenis pewarna lain. Perubahan kimia rambut melemahkan poros rambut serta membuatnya kering dan rapuh.
Bleaching (p emutihan  )  rambut  akan membuat    rambut  rontok?
Bleaching  adalah proses menghilangkan warna asli rambut, menjadikan warnanya putih atau putih kekuningan. Bleaching  dapat membuat rambut kering dan rapuh, tapi tidak selalu membuatnya rontok.
B erapa lama sebaiknya Anda menunggu pewarna an setelah pewarnaan sebelumnya   ?
Setidaknya empat minggu. Mewarnai rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, seperti pecah-pecah dan kering. Untuk mempertahankan warna rambut, Anda hanya perlu mewarnai ulang akar rambut yang baru tumbuh. Rambut tumbuh sekitar 0,3 - 0,4 mm per hari. Itu berarti, dalam empat minggu, akar rambut yang muncul hanya sepertiga inci.
Apa yang bisa merusak rambut yang diwarnai?
Air dan sinar matahari. Ini disebut pelapukan, yaitu kerusakan yang mengarah ke kering dan lelah pada rambut. Untuk melindungi rambut, perhatikan seberapa sering Anda berenang di dalam air yang mengandung klorin atau air asin. Jangan mencuci rambut terlalu sering dan jauhi dari sinar matahari langsung. Sinar UV dapat membuat pudar warna rambut.
Dapatkah pewarna rambut diaplikasikan pada alis mata?
Jangan gunakan pewarna rambut pada alis atau bulu mata Anda. Hal ini dapat menyebabkan reaksi atau alergi yang serius. Memang akan lebih baik jika alis sedikit terang atau lebih gelap dari rambut Anda. Tetapi jika Anda ingin untuk menggelapkannya, cobalah pensil alis, bubuk, atau gel khusus. Anda juga dapat mewarnai alis dengan warna sementara yang Anda terapkan seperti maskara.
Dengan bertambahnya usia, mewarnai rambut lebih disarankan. Benarkah?
Kulit menjadi lebih tipis seiring bertambahnya usia. Anda akan terlihat lebih pucat jika rambut Anda benar-benar gelap. Jika rambut Anda berwarna coklat, ubahlah satu warna lebih terang. Atau jika rambut Anda pirang, buatlah menjadi lebih gelap. Warna rambut yang ringan membuat kulit terlihat bersih.
Bersambung… 

0 komentar: