Selasa, 12 Maret 2013

Umum

Cara Membersihkan Lensa Kontak

membersihkan kontak lensan
Ilustrasi. Foto: Romy Palar/NOVA
Bagaimana Anda memperlakukan lensa kontak menentukan apakah Anda peduli akan penglihatan Anda.  Untuk menghindari komplikasi yang mengancam penglihatan, Anda harus hati-hati mengikuti petunjuk perawatan lensa. Jika Anda tidak punya banyak waktu mengikuti langkah-langkah pembersihan, Anda mungkin dapat menyederhanakan langkah-langkahnya atau beralih ke lensa sekali pakai.
1. Sebelum menangani lensa kontak, cuci dan bilas tangan Anda. Gunakan sabun ringan non-kosmetik. Sabun dengan parfum, minyak, lotion atau meninggalkan film di tangan, dapat tertransfer ke lensa dan menyebabkan iritasi mata atau penglihatan kabur.
2. Keringkan tangan dengan handuk bersih dan bebas serat.
3. Jika Anda menggunakan hair spray pada rambut, gunakan sebelum Anda memakai lensa kontak.
4. Make-up bisa Anda aplikasikan ke wajah setelah memakai lensa kontak. Tapi, lepaslah lensa sebelum sebelum menghapus make-up.
5. Beberapa jenis dan produk lensa memerlukan perawatan khusus. Selalu gunakan larutan desinfektan, tetes mata, dan pembersih enzimatik mata seperti yang dianjurkan. Beberapa produk tetes mata tidak aman bagi pemakai lensa kontak.
6. Jangan gunakan air keran pada lensa dan jangan pernah membersihkan lensa dengan mulut Anda. Mikroorganisme dapat hidup di air bahkan bisa menyebabkan infeksi atau kerusakan penglihatan.
7. Bersihkan lensa dengan menggosok lembut dengan jari telunjuk Anda di telapak tangan Anda yang lain. Beberapa produk lensa kontak memang tidak menganjurkan itu.
8. Bersihkan lensa kontak setiap kali Anda menggunakannya dengan cara steril atau air keran bersuhu panas. Biarkan hingga kering. Ganti lensa kontak setiap tiga bulan.

0 komentar: