Selasa, 12 Maret 2013

Wanita

Cara Mengatasi Ketombe

rambut 02
Ilustrasi
Ada banyak hal yang dapat memicu pertumbuhan ketombe pada kulit kepala Anda. Beberapa di antaranya adalah kulit kepala yang berminyak, stres, obesitas, udara lembab, dan menderita eczema atau psoriasis.
Untuk mengurangi penumpukan sel-sel kulit mati yang diakibatkan ketombe, gunakanlah shampo antiketombe setiap hari. Biarkan shampo selama 5 menit di kepala sebelum dibilas. Lalu bilas hingga benar-benar bersih.
Anda biasanya harus mencoba beberapa produk shampo antiketombe untuk mendapatkan yang benar-benar cocok. Jika tidak dapat juga dan ketombe tak kunjung hilang, segeralah periksakan ke dokter.
Jika ketombe yang ada di kepala Anda berminyak dan berwarna kuning, bisa jadi Anda mengalami seborrheic dermatitis. Ini adalah sebuah kondisi dimana kelenjar minyak pada kulit kepala Anda berlebihan (inflamasi), seperti pada kulit wajah. Penyakit ini bisa juga dihubungkan oleh hormon, jamur, dan masalah neurologi lainnya.
Cara mengatasinya juga sama seperti ketombe jenis biasa, yakni dengan menggunakan shampo antiketombe. Pada kasus yang lebih parah, butuh obat steroid atau resep antijamur.
Perhatikan asupan makanan
Bantulah menjaga kesehatan rambut Anda dengan makanan yang bergizi. Misalnya, jika Anda menginginkan rambut yang mengkilap konsumsilah salmon dan kenari yang mengandung asam lemak omega-3, bayam dan wortel untuk mendapatkan vitamin A, kacang brazil untuk selenium, serta tiram dan kacang mete untuk seng.
Tidak hanya baik untuk rambut. sama halnya susu rendah lemak, biji-bijian, dan sayuran, semua jenis makanan di atas juga baik untuk jantung Anda.

0 komentar: