Selasa, 12 Maret 2013

Umum

Sehat Itu Mudah

Rambut
Air panas dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak. Maka, biasakan menggunakan air dingin untuk membersihkan rambut atau saat membilas rambut. Tujuannya, agar kelembapan rambut terjaga.
Otak
Teka-teki, permainan, dan kegiatan yang menstimulasi otak dapat bermanfaat untuk penderita Alzheimer derajat ringan hingga sedang. Dalam penelitian yang melibatkan 718 pasien Alzheimer, kegiatan ini dapat menstimulasi memori dan daya pikir.
Mata
Bintitan adalah peradangan di kelenjar lemak di bawah bulu mata. Bintitan timbul ketika muara kelenjar tersumbat kotoran seperti debu atau make-up . Untuk pertolongan pertama, kompres mata dengan handuk hangat sambil memijat ringan bagian mata.
Telinga
Jangan membersihkan telinga dengan cotton bud  terlalu dalam karena bisa mendorong masuk kotoran. Toh, gerakan rahang, seperti mengunyah, akan membantu kotoran keluar dari liang telinga. Jadi, cukup bersihkan kotoran telinga di daun telinga dan bagian luar liang telinga.
Hidung
Sekitar 80 persen batuk pilek disebabkan virus. Maka, jaga daya tahan tubuh dengan tidur sebanyak 6 – 8 jam sehari. Hindari pula penyebaran virus dengan rajin mencuci tangan memakai sabun setiap kali Anda dari tempat umum dan gunakan masker saat sakit.
Gigi
Gigi kuat hingga tua bisa diperoleh dengan menggosok gigi. Lakukan 30 menit setelah makan dan sebelum tidur serta gunakan sikat gigi berbulu sikat yang lembut agar nyaman dan menghindari luka.
Sistem Kekebalan Tubuh
Rutin berolahraga akan menjauhkan pilek. Tapi, jangan berolahraga berlebihan karena akan menurunkan kekebalan tubuh untuk sementara waktu. Cukup hindari virus penyebab pilek dengan berlari pagi selama 30 menit, tiga kali seminggu.
Kulit
Mencuci muka menggunakan sabun wajah cukup sebanyak tiga kali sehari. Jika terlalu sering, bisa timbul iritasi wajah dan menghilangkan minyak di wajah yang melindungi permukaan kulit dan bersifat antijamur.
Jantung
Merokok, pola makan tak sehat, dan kurang aktivitas fisik adalah penyebab penyakit jantung. Maka, gunakan tangga, jogging , berkebun, atau membereskan rumah untuk menjaga jantung. Selain itu, ganti makanan tinggi lemak, berkadar kolesterol jahat tinggi, dan bergaram tinggi dengan buah-buahan, sayur, gandum, dan kacang-kacangan.
Paru-Paru
Paru-paru yang dijaga mampu bertahan seumur hidup. Hindari juga rokok yang menyebabkan kanker paru dan penyakit paru obstruktif kronik. Polusi udara, debu, dan kuman juga dapat membahayakan paru-paru.
Darah
Mudah lelah dan sulit berkonsentrasi? Bisa jadi ini anemia karena kurang zat besi. Cukupi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi hati, ikan, dan ayam. Tapi, hindari minum teh setelah makan karena mengganggu penyerapan zat besi. Santap saja jeruk atau buah sebagai pencuci mulut untuk penyerapan zat besi yang lebih optimal.
Pembuluh darah
Jika Anda sering berdiri lebih dari 30 menit, waspadalah terhadap varises. Maka, usahakan pindah posisi atau berjalan secara periodik yang membantu sirkulasi darah sehingga mencegah varises.
Kolesterol
Kolesterol yang tinggi adalah penyakit tersembunyi. Gemuk atau kurus pun belum pasti memiliki tingkat kolesterol jahat yang tinggi. Maka, cek kadar kolesterol dalam darah di laboratorium setiap setahun sekali.
Hormon
Meski gula adalah salah satu sumber energi, terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat insulin lelah dan tidak peka dengan “panggilan gula”. Tanpa insulin, gula hanya akan menetap di darah dan penyakit kencing manis pun mengancam.
Hati
Hati akan mengubah berbagai zat yang diserap tubuh menjadi lebih larut air. Fungsi ini bisa terganggu bila mengonsumsi alkohol dan hindarilah makanan tinggi lemak untuk mencegah batu empedu.
Ginjal
Sayangi ginjal dengan memenuhi kebutuhan cairan sebanyak 2 liter setiap hari. Ingat, salah satu fungsi ginjal yang terpenting adalah memilah zat yang masih diperlukan tubuh untuk diserap kembali. Jadi, sisa metabolisme dapat dikeluarkan dan tidak menumpuk di tubuh.
Lambung
Gangguan maag  (gastritis) mem­butuhkan penatalaksanaan jang­ka panjang. Maka, hindarilah pe­rut kosong terlalu lama atau terlalu penuh. Maag  juga dipengaruhi makanan pedas dan asam, tinggi lemak, minuman beralkohol, mengandung kafein, rokok, dan stres.
Usus
Susah buang air besar atau konstipasi? Minumlah air lebih banya hingga 2–4 gelas dan tambahkan buah, sayuran, serta gandum di menu. Laksatif boleh digunakan asal tak lebih dari dua minggu. Tanpa sepengetahuan dokter, laksatif dapat memperburuk kondisi Anda.
Kesuburan
Sebulan sebelum merencanakan kehamilan, konsumsilah asam folat dari bayam, brokoli, asparagus, kedelai, telur, avokad, serta jeruk untuk mencegah kerusakan tabung saraf dan kecacatan lain pada janin.
Payudara
Lakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) selama lima menit setiap bulan untuk mendeteksi kanker payudara! Tapi, jangan panik bila ada benjolan di payudara, karena tidak semua benjolan berarti kanker.
Vagina
Penggunaan cairan pembersih kewanitaan tidak direkomendasikan oleh ACOG (American College of Obstetricians and Gynecologists) karena dapat mengganggu keasaman vagina dan meningkatkan risiko infeksi. Bersihkan vagina dengan air bersih yang mengalir saja.
Otot
Massa otot manusia akan berkurang secara alamiah seiring bertambahnya usia. Maka, latihan kekuatan otot yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan massa tubuh pada semua usia.
Tulang
Kunci tulang kuat adalah kalsium yang menyokong struktur tulang dan gigi. Vitamin D juga meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Oh ya, menyeruput kopi lebih dari dua cangkir akan mempercepat pengeroposan tulang karena mengganggu penyerapan kalsium.
Sendi
Risiko arthritis (radang sendi) meningkat seiring naiknya berat badan. Kurangi risikonya dengan menjaga berat badan ideal.
Kuku
Memakai sepatu yang sempit akan menyebabkan jari-jari kaki berimpitan sehingga mengganggu pertumbuhan kuku dan menyebabkan cantengan . Memotong kuku terlalu pendek juga menyebabkan cantengan .

0 komentar: